Berita

Ka. KUA Salapian Fasilitator Bimbingan Pranikah Remaja Usia Sekolah

Senin, 13 Pebruari 2023 09:46 WIB
  • Share this on:

Kuala (Humas) - "Masa remaja diidentikkan sebagai masa transisi dari kanak-kanak menuju dewasa, dimana seorang individu memiliki gejolak dan keingintahuan yang tinggi terhadap berbagai hal yang dilihat, dialami dan dirasakan terhadap lingkungannya", Demikian disampaikan Fasilitator Bimwin yang juga Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Salapian Muhammad Kurnia Amir, S.Sos.I.,S.Pd.I, MM., sebagai salah seorang narasumber mengawali sesi materinya kontrak belajar dan mengenal jati diri remaja pada acara Bimbingan Pranikah bagi Remaja Usia Sekolah yang dilaksanakan dimasjid Al-Ihsan Kelurahan Bela Rakyat Kec.Kuala, Rabu (11/01/2023)

lebih lanjut Kurnia dalam paparan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan bermain peran ini mengatakan, Visi Indonesia Emas harus disambut dengan pembekalan pengetahuan dan keterampilan bagi anak-anak muda Indonesia. Dalam rangka memberi bekal awal untuk membangun keluarga, Kementerian Agama menyediakan layanan bimbingan Remaja khususnya untuk masyarakat usia sekolah. Layanan ini didesain agar remaja memiliki bekal pengetahuan pengetahuan dan keterampilan hidup (live Skill) yang dibutuhkan.

"Bekal tersebut meliputi pengetahuan dan keterampilan tentang remaja yang sehat dan berkarakter, maka dilaksanakan Bimbingan Pranikah Remaja Usia Sekolah sesuai amanah Kepdirjen Bimas Islam nomor 1012 Tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan Bimbingan Pranikah bagi Remaja Usia Sekolah (BRUS)", tambahnya.

Dikesempatan tersebut, Kurnia mengajak para peserta mengidentifikasikan jati diri sesuai harapan yang diinginkan menuju pernikahan yang terencana, penuh persiapan dan dengan niat yang suci.

Sementara itu Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kuala H. Edy Munawwar SE, S.Ag, M.AP., selaku penyelenggara dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membina remaja agar dapat mencegah pernikahan dibawah umur dan dapat mempersiapkan pernikahan dengan baik dan benar sesuai peraturan yang berlaku. Kegiatan ini menghadirkan narasumber lainnya seperti dari Puskesmas Kuala dr.Ramadhan dan Penyuluh Agama Islam fungsional H. Azar Aswadi, MA.

Turut hadir pada acara tersebut Penyuluh Agama Islam Honorer Kecamatan Kuala yaitu Rudi Harmawan, S.Pd, Adi Siswanto, S.IP, Sari Abdi Rao, S.Pd, M.azhar afdal, S.PdI, Mukminin, S.Pd dan Sahara, S.Pd, Mahasiswa PPL dari UINSU serta tokoh agama Mulhom Nasution.

Kontributor:
Riki Rohadiansyah