Berita

Ka. KUA Salapian Pemateri Pembinaan Remaja Masjid Kota Binjai

Senin, 12 Desember 2022 12:25 WIB
  • Share this on:

Binjai (Humas) - Pembinaan generasi muda Islam dan kemasjidan serta pendidikan agama dan keagamaan adalah salah satu dari sekian banyak tugas-tugas Kepala Kantor Urusan Agama selain pencatatan pernikahan dan rujuk, yang harus dilaksanakan sebaik mungkin sebagai bentuk layanan kepada masyarakat dengan penuh keikhlasan.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Salapian Muhammad Kurnia Amir, S.Sos.I,S.Pd.I.,MM., dalam paparan materi ceramahnya pada acara pembinaan dan up greading Remaja Masjid yang tergabung dalam BKPRMI Kota Binjai, Sabtu (10/12) digedung Sekolah IT Miftahul Khair Kota Binjai.

Dikesempatan tersebut Kurnia mengatakan bahwa berorganisasi dan bermasyarakat secara baik dan benar sesuai peraturan perundang-undangan tidak hanya menjadi kewajiban bagi generasi millenial saat ini tetapi juga sudah menjadi kebutuhan untuk menempatkan diri kita agar kebermanfaatan sehingga mampu menggali potensi diri lebih baik lagi, kompetitif dan pro aktif serta peka terhadap masalah sosial dakwah.

Lebih lanjut Kurnia yang juga Direktur Wilayah Lembaga Pembinaan dan pengembangan dakwah dan sumber daya manusia (LPPDSDM) BKPRMI Prov. Sumatera Utara di dampingi bendaharanya Ustadz Susilawadi, S.Sos.I., S.Pd.I., yang juga Penyuluh agama Islam honorer Kecamatan Selesai ini menguraikan sejarah dan khittah BKPRMI tentang pentingnya mampu dan menguasai manajemen organisasi serta mengingatkan kepada para peserta yang termasuk Remaja Usia Pra Nikah agar dapat merencanakan pernikahan sesuai aturan yang berlaku yaitu tercatat di KUA dan tentunya diusia yang ideal serta waspadai bahaya Stunting maupun bahaya Narkoba juga mampu bermasyarakat dengan mengedepankan kerukunan dan toleransi dalam moderasi beragama.

Sementara itu Ketua DPD BKPRMI Kota Binjai Riakif yang diwakili sekretaris umum Riswan, SE., melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk pembinaan remaja masjid agar lebih mapan dalam berorganisasi serta mampu melaksanakan program kerja dalam memakmurkan masjid.

Kegiatan dilaksanakan 2 hari ini diikuti oleh 30 orang peserta dengan narasumber yang mumpuni dibidangnya.

Acara ini dilaksanakan dengan sistem pemateri tanya jawab juga fun game dan camp serta bakti sosial gotong royong diareal sekitar sekolah.

Kontributor:
Riki Rohadiansyah