Berita

MIN 1 Langkat Gelar Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan KKG Numerasi 28-0044 Kab. Langkat

Rabu, 23 November 2022 11:38 WIB
  • Share this on:

Langkat (Humas) - Kegiatan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB), Guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif agar pengetahuan dan skill peserta didik bisa berkembang secara optimal saat berada di bangku sekolah dasar. Sebagai seorang tenaga pendidik, guru harus memiliki kompetensi dan keahlian mumpuni sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 20 ayat b menyatakan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Undang-undang di atas sudah memberikan gambaran jelas bahwa tenaga pendidik harus memiliki kualitas unggul, sehingga bisa menghasilkan generasi unggul pula. Kualitas pendidik ditentukan oleh kualitas kompetensi yang dimilikinya.

Untuk memfasilitasi itu semua, Bapak/Ibu bisa mengikuti berbagai pelatihan, misalnya bimtek, diklat, seminar, atau kelompok kerja guru (KKG). KKG adalah komunitas/kelompok kegiatan profesional bagi guru SD/MI yang masih berada dalam satu gugus/kecamatan. Keberadaannya ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi dan skill guru, baik saat berada di dalam maupun di luar kelas.

Kepala MIN 1 Langkat Zulkifli Hasibuan, M.Pd., mengatakan, untuk kegiatan Pembukaan KKG dilakukan di ruang kelas MIN 1 Langkat Rabu (16/11/2022). Kegiatan ini berlangsung dengan beberapa tahapan, yaitu In 1, On 1, dan In 2 untuk tiap bidang atau rumpun mata pelajaran, sementara bidang-bidang yang akan diselenggarakan pada tingkat MI ini adalah Literasi, Sains, dan Numerasi.

"Adapun bidang yang sedang berlangsung saat ini adalah Bidang Numerasi oleh Kelompok KKG NUMERASI 28 - 0044 Kab. Langkat. Di Ketuai oleh  Abdul Rahman Hasibuan, S.Pd.", tambahnya.

lebih Lanjut ia mengatakan, Persiapan yang matang dan antusias para peserta maka pelaksanaan KKG berjalan dengan baik dan lancar. Dihadiri oleh Samsul Arifin Hasibuan, S.PdI, M.Pd selaku Pengawas MI, dan  Nurhafni, M.Si dan Indah Chairina Lubis, S.Pd selaku Fasda (Fasilitator daerah).

"Tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini adalah pertama, Menjadi tempat untuk berbagi dan diskusi tentang proses pembelajaran. Kedua, Memperluas pemahaman dan pengetahuan profesional guru berdasarkan rasa kekeluargaan. Ketiga, Memberikan bantuan profesional pada guru kelas. Keempat, Menyediakan informasi tentang pendidikan, misalnya kebijakan terbaru tentang pembelajaran tatap muka, bimtek melalui SIM Guru Pembelajar, dan sebagainya. Kelima, Meningkatkan manajemen pengelolaan kelas melalui pembelajaran yang aktif kreatif, dan menyenangkan (PAKEM)", ungkapnya.

Kontributor:
Riki Rohadiansyah