Berita

Pembina Apel Gabungan, Kakan Kemenag Ajak Bahu Membahu Wujudkan Kemenag Langkat Yang Lebih Baik Lagi

Selasa, 6 Desember 2022 13:14 WIB
  • Share this on:

Stabat (Humas), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat H. Ainul Aswad, MA., bertindak sebagai Pembina Apel Gabungan yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat pada Selasa, (6/12).

Apel dihadiri oleh seluruh ASN Kemenag Kab. Langkat yakni Para Pejabat Kantor Kemenag Kab. Langkat, Para Kepala KUA Kecamatan, Para Kepala Madrasah Tingkat MIN, MTsN dan MAN Se Kab. Langkat, Pokjawas, Pokjaluh Fungsional dan Non Fungsional, serta seluruh Staf ASN Kantor Kemenag Kab. Langkat.

Dalam amanatnya Kakan Kemenag Langkat menyampaikan ucapkan terima kasih banyak kepada peserta apel yang pada hari ini telah berhadir dan melaksanakan apel gabungan ini. 

"Hari ini merupakan apel gabungan terakhir di bulan Desember tahun 2022, oleh karena itu perjalanan panjang Kementerian Agama itu berada pada kita semua", ucap Kakan.

Di kesempatan tersebut, Kakan Kemenag Langkat Berterima kasih kepada Kementerian Agama yang terus membersamai kita tanpa mengenal siapa, dan  terus memberikan hal-hal yang positif kepada kita semua.

"Terkait tujuh program Menteri Agama yakni Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi Kantar Urusan Agama (KUA), Cyber Islamic University (Perguruan Tinggi Keagamaan), Kemandirian Pesantren, Religiosity Index dan Pencanangan Tahun Toleransi 2022,  kita harus perkuat bersama", ajaknya.

"kita yang ada di Kantor Kementerian Agama di Kabupaten Langkat harus mampu membawa program Kementerian Agama ini dari Dusun, Desa, Kecamatan, Kabupaten dan hingga tingkat provinsi sebagai bentuk tugas pokok yang ada sama kita", tambahnya.

Di apel tersebut, Kakan Kemenag Langkat juga menyampaikan terkait serapan anggaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat yang sudah mencapai 90.28 persen pertanggal 5 Desember 2022. 

"Terima kasih kepada Bapak/Ibu yang sudah menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya, akan tetapi pelaksanaan tugas tentunya ada evaluasi yang harus dilakukan untuk perbaikan pada program ke depannya", ungkapnya.

Kakan juga berharap kepada Para Penyuluh Agama agar setiap bulan melaporkan setiap kinerjanya langsung ke dalam aplikasi laporan kinerja.

Kakan kembali berharap agar melalui penyuluh agama tidak terjadi gesekan pada masyarakat di Kabupaten Langkat terhadap Toleransi agama, oleh karena itu, untuk menghindari gesekan tersebut kita berharap adanya komunikasi, dan usaha-usaha menyampaikan tugas-tugas keagamaan kepada Masyarakat Kabupaten Langkat yang bersumber dari  nilai-nilai ajaran agama.

Kakan berpesan agar dalam penyampaian setiap informasi harus disaring dan ditelaah kebenarannya, dengan harapan agar informasi tersebut mempunyai  tingkat kebenaran yang jelas, yang tidak membuat kegaduhan dan gesekan di masyarakat.

Kepada Kepala KUA Kakan Juga meminta, agar Kepala KUA selain menjalankan tugas pokok dalam pelayan nikah dan rujuk, Kepala KUA juga harus mampu melakukan tugas-tugas yang ada di Seksi-seksi seperti Pelayanan ibadah Haji, Wakaf dan lain-lain. 

Kakan Kemenag Langkat berharap kepada Kepala KUA dan Penghulu agar menjalankan tugas tidak hanya di dalam kantor, akan tetapi harus mampu beradaptasi dan bertatap muka langsung dengan masyarakat. agar setiap informasi yang ada di Masyarakat, Kepala KUA adalah orang pertama yang mendapatkan informasi tersebut.

Kakan juga berharap agar Kepala KUA dan Penyuluh harus bersinergi dan duduk bersama dan saling memberikan masukan terhadap pelaksanaan program kerja masing-masing.

"Begitu juga dengan Kepala madrasah, juga harus mampu berkolaborasi, bersinergi, dan berkoordinasi dengan Kepala KUA dan Penyuluh untuk mensukseskan dan menjalankan program Kementerian Agama", tambahnya.

Kakan menjelaskan, Program Kementerian Agama tahun  2023 merupakan tindaklanjut dari program kerja tahun 2022, oleh karena itu Kakan Kemenag Langkat mengajak kepada semua untuk bekerja sama dan bergandengan tangan dalam melaksanakan program Kementerian Agama tersebut.

"Mari kita bahu membahu dalam mewujudkan Kementerian Agama Kab. Langkat yang lebih baik lagi”, ajaknya.

Tidak hanya itu, Kakan Kemenag Langkat juga menyampaikan terkait kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama  ke 77 Tahun 2023. Ia berharap peringatan HAB ke 77 ini dapat dilaksanakan dengan meriah, semarak dan sukses.  

"Mari kita sukseskan HAB ke 77 Kementerian Agama tahun 2023, "Karena kita adalah bagian dari Kementerian Agama, kalau bukan kita siapa lagi". Ajaknya sembari menutup arahannya.

Kontributor:
Riki Rohadiansyah