Berita

Seksi Bimas Islam Kembali Gencarkan Monev di KUA Kecamatan Selesai

Jumat, 16 Desember 2022 10:07 WIB
  • Share this on:

Selesai (Humas) – Kementerian Agama Kab. Langkat melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam terus melakukan upaya peningkatan kinerja pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, salah satunya dengan melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja KUA Kecamatan.

KUA Kecamatan merupakan unit kerja Kementerian Agama yang secara institusional berada paling depan dan menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat di bidang keagamaan. Oleh karena itu, monitoring dan evaluasi menjadi sangat dibutuhkan untuk kebaikan instansi baik KUA maupun juga Kantor Kementerian Agama.

Pada kesempatan kali ini Selasa, (13/12/2022) tim Monev seksi Bimas Islam Kemenag Kab. Langkat mengunjungi KUA Kecamatan Selesai . Tim Monev tersebut diketuai oleh Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Langkat Samaruddin, S.Ag., yang didampingi oleh anggota yakni staf seksi Bimas Islam.

“Kegiatan monev ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan Seksi Bimas Islam kepada setiap KUA Kecamatan se- Kabupaten Langkat guna mendengarkan, memberi solusi atas kendala dalam melayani masyarakat, serta memberikan informasi terbaru yang berkaitan dengan masyarakat Islam”, ucap Kasi Bimas Islam.

Seusai melakukan monev, Kasi Bimas Islam  juga memberikan pembinaan mengenai kegiatan administrasi seperti pengelolaan BOP KUA, persyaratan pernikahan, ketepatan memberikan buku nikah kepada pengantin setelah selesai akad ijab kabulnya.

“KUA adalah garda terdepan Kementerian Agama, jadi KUA harus bekerja profesional sesuai dengan tugas dan fungsinya. KUA juga harus berperan aktif mensosialisasikan kerukunan umat beragama di Kecamatan”, Tambahnya.

Sementara itu, Menanggapi monev dan pembinaan yang diberikan kepada jajaran KUA Kecamatan Selesai selaku Kepala KUA, Drs. H. Abu Karsidin., didampingi seluruh staf KUA Kec. Selesai, mengucapkan terima kasih atas kegiatan monev ini.

“Dengan kegiatan monev dan pembinaan ini, kami semakin terarah serta pekerjaan yang dilakukan semakin dapat dipertanggungjawabkan dengan baik, baik di dunia maupun di akhirat,” Ungkapnya.

Kontributor:
Riki Rohadiansyah